TVRI dan Metro TV, Official Broadcaster Asian Para Games 2018

Suara.com – Dua stasiun televisi nasional, Metro TV dan TVRI ditunjuk sebagai pemegang hak siar Asian Para Games 2018. Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Divisi Broadcast Panitia Pelaksana Asian Para Games 2018 (INAPGOC), Marco Yakub, dalam konferensi pers pengumuman stasiun Tv resmi Indonesia untuk Asian Para Games 2018 di GBK Arena, Senayan, Jakarta.

“Kami mengabarkan bahwa INAPGOC menggandeng TVRI dan Metro Tv sebagai official broadcaster Asian Para Games 2018,” kata Marco, Senin (24/9/2018).

Marco menyebut kedua stasiun televisi nasional itu akan menayangkan upacara pembukaan dan penutupan, serta berbagai pertandingan Asian Para Games 2018 mulai dari babak penyisihan hingga final secara gratis.

Tak hanya melalui siaran analog dan digital, seluruh tayangan Asian Para Games 2018 juga bisa disaksikan lewat layanan live streaming melalui website resmi masing-masing kedua televisi.

“Kami (juga) akan hadirkan program Indonesia emas. Programnya akan cukup banyak, kami akan buat program khusus Asian Para Games mulai pukul 14:00-17:00 WIB dari 6-13 Oktober 2018,” kata Pemimpin Redaksi Metro Tv, Don Bosco Silabun.

Don Bosco menyebut, keikutsertaan Metro Tv menjadi official broadcaster Asian Para Games 2018 karena ingin memberikan tontonan yang inspiratif bagi masyarakat. Asian Para Games yang menampilkan perjuangan para atlet difabel dinilai cocok untuk tujuan tersebut.

“Berbeda dengan atlet normal yang biasa kita saksikan, para atlet difabel ini kami yakini bisa memberi inspirasi bagi penonton di tengah keterbatasan fisik yang mereka miliki,” ujar Don Bosco.

Sementara bagi TVRI, menyiarkan Asian Para Games 2018 merupakan sebuah kewajiban. Sebagai televisi publik, TVRI harus berpihak kepada semua kalangan, dalam hal ini penyandang disabilitas.

“Bagi TVRI Asian Para Games 2018 sama dengan Asian Games, semua ada hubungannya. Asian Games yang membuat TVRI ada pada tahun 1962, sedang Asian Para Games adalah kewajiban kami sebagai tv publik yang harus berpihak pada anak-anak, perempuan dan para disabilitas,” ujar Direktur Utama TVRI, Helmy Yahya.

TVRI sendiri akan menayangkan Asian Para Games dengan durasi 7-9 jam perhari melalui dua kanal yang mereka miliki, analog dan digital.

Selain memperkenalkan official broadcaster, INAPGOC juga meluncurkan lagu resmi untuk multievent empat tahunan tersebut, yang dihadiri para musisi ternama Indonesia seperti Vidi Aldiano, Armand Maulana, Maudy Ayunda, Once Mekel, dan Tompi.