Imbang Lawan Bilbao, Munir Selamatkan Barcelona dari Kekalahan

Suara.com – Barcelona lolos dari kekalahan saat menjamu Athletic Bilbao di pekan ketujuh Liga Spanyol. Munir El Haddadi menyelamatkan Barcelona setelah gol menjelang akhir pertandingan memaksa kedudukan menjadi imbang 1-1.

Usai dikalahkan Leganes di pekan sebelumnya, Barca masih belum mampu meraih hasil positif. Skuat besutan Ernesto Valverde nyaris kalah lagi saat menjamu Bilbao di Camp Nou, Sabtu (29/9/2018) malam WIB.

Bilbao sempat memimpin lebih dulu lewat gol Oscar De Marcos di babak pertama. Namun gol Munir El Haddadi menjelang akhir pertandingan menyelamatkan Barcelona dari kekalahan.

Dengan hasil itu, Barcelona masih memimpin klasemen dengan 14 poin dari tujuh laga namun terancam dilewati Real Madrid yang akan menghadapi Atletico Madrid. Sementara Bilbao di posisi 14 dengan tujuh poin.

Jalannya Pertandingan

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde mencoba tidak menurunkan Lionel Messi dan Sergio Busquets sebagai starter. Alhasil penampilan Barcelona pun kurang begitu tajam di babak pertama.

Sementara Bilbao sudah melancarkan ancaman sejak awal pertandingan lewat Nélson Semedo namun masih melenceng. Begitu juga usaha Iñaki Williams lewat sepakan kaki kanannya juga belum tepat sasaran

Barcelona pun sempat mengancam lewat tembakan kaki kanan Ivan Rakitic di menit ke-34 namun masih berada di sisi kiri gawang. Ancaman yang dilakukan oleh Coutinho juga masih melambung.

Bilbao akhirnya memimpin lebih dulu 1-0 di menit ke-41. Gol tersebut dicetak oleh Oscar De Marcos lewat sepakan kaki kanannya setelah menyambut crossing Markel Susaeta.

Skor 1-0 bagi keunggulan Bilbao bertahan hingga turun minum. Di babak kedua, Valverde akhirnya memasukan Sergio Busquets di menit ke-51 dan Lionel Messi di menit ke-55 menggantikan Arturo Vidal.

Barcelona pun mulai menebar banyak ancaman lewat Coutinho dan Messi. Pada menit ke-77, usaha Messi lewat tembakan kaki kirinya masih membentur tiang kiri gawang Bilbao.

Messi masih melanjutkan tekanannya. Pada menit ke-84, Munir El Haddadi akhirnya mampu menyamakan kedudukan setelah meneruskan bola umpan datar dari Messi ke dalam gawang Bilbao.

Barcelona masih melanjutkan tekanannya hingga sisa pertandingan. Namun skor 1-1 tetap tidak berubah hingga wasit Santiago Jaime Latre meniupkan peluit panjang di akhir pertandingan.

Susunan Pemain:

Barcelona: Ter Stegen; Alba (Munir 79′), Lenglet, Pique, Semedo; Vidal (Messi 55′), Rakitic, Roberto (Busquets 51′); Coutinho, Suarez, Dembele

Athletic Bilbao: Simon; Balenziaga, Martinez (Nolaskoain 23′), Yeray, De Marcos; Benat (San Jose 67′), Dani, Raul Garcia; Berchiche, Williams (Aduriz 78′), Susaeta