Tiga Pemain Persija Disanksi Komdis, Teco: Tidak Fair!

Suara.com – Komite Disiplin (Komdis) PSSI ternyata tidak hanya menjatuhkan sanksi kepada Persib Bandung terkait laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/9/2018). Persija Jakarta juga tidak luput dari sanksi Komdis PSSI.

Tiga pemain Persija Jakarta dijatuhi sanksi menyusul insiden yang terjadi di sepanjang duel klasik sepak bola Indonesia itu. Tiga pemain Persija yang mendapat sanksi adalah Renan Silva, Ismed Sofyan dan Sandi Sute.

Untuk Renan, Komdis PSSI melarangnya tampil di dua pertandingan. Sementara Ismed Sofyan dan Sandi Sute dilarang untuk tiga laga.

Pelatih Persija Jakarta Stefano Cugurra Teco menilai hukuman yang dijatuhkan tidak adil. Baginya, hukuman dengan diberikan kartu oleh wasit sudah cukup bagi para pemain.

Pesepak bola Persib Bandung Jonatan Bauman (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Persija Jakarta Jameirson Xavier (kanan) pada pertandingan lanjutan Go-Jek Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Minggu (23/9). ANTARA FOTO/Novrian ArbiPesepak bola Persib Bandung Jonatan Bauman (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Persija Jakarta Jameirson Xavier (kanan) pada pertandingan lanjutan Go-Jek Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Minggu (23/9). ANTARA FOTO/Novrian Arbi

“Ya saya pikir pelanggaran seperti yang dilakukan Ismed dan Sandi biasa dalam sepak bola. Kita juga lihat banyak pelanggaran dari bek Persib Bandung, Ardi Idrus yang sangat membahayakan. Saya pikir itu mereka hanya diberikan kartu kuning sudah cukup,” kata Teco di lapangan PS AU Halim Perdanakusuma, Selasa (2/10/2018).

“Namun ini disanksi, saya tidak puas dan tidak fair dengan putusan ini. Kasihan pemain tidak bisa main dan tim juga pasti sangat kehilangan. Apalagi beberapa pemain ada yang dipanggil ke timnas Indonesia,” tambahnya.

Selain tiga pemain Macan Kemayoran, empat pemain Maung Bandung juga tak luput dari sanksi Komdis PSSI. Mereka adalah Jonatan Bauman, Ezechiel N’Douasel, Ardi Idrus, dan Bojan Malisic.

Pesepak bola Persib Bandung Oh Inkyun (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Persija Jakarta Marco Simic (kiri) pada pertandingan lanjutan Go-Jek Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Minggu (23/9). ANTARA FOTO/Novrian ArbiPesepak bola Persib Bandung Oh Inkyun (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Persija Jakarta Marco Simic (kiri) pada pertandingan lanjutan Go-Jek Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Minggu (23/9). ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Untuk Bauman disanksi dua pertandingan, Ezechiel lima pertandingan dan Bojan Malisic empat pertandingan. Sementara Ardi Idrus hanya mendapat teguran keras dari Komdis PSSI.

Selain itu, Persib Bandung juga diharuskan bermain di luar Pulau Jawa sampai akhir musim Liga 1 2018 tanpa penonton. Ditambah dengan setengah musim Liga 1 2019 main di Bandung tanpa penonton.

Tidak hanya itu, suporter mereka Bobotoh dilarang mendukung Persib Bandung baik itu laga home atau away hingga habis musim 2018 dan setengah musim Liga 1 2019. Hukuman yang diterima Persib ini tak lepas dari tewasnya Haringga Sirila akibat pengeroyokan oleh Bobotoh.