Matthaus: Sudah Waktunya Neuer Dicadangkan

Suara.com – Mantan kapten tim nasional Jerman Lothar Matthaus mengatakan jika sudah saatnya Der Panzer berganti penjaga gawang. Menurut Matthaus, sudah waktunya bagi Manuel Neuer untuk menyerahkan posisinya kepada pemain yang lebih muda.

Sebagaimana diketahui, setelah hampir satu musim menepi akibat patah kaki, Neuer kembali masuk timnas dan turun di Piala Dunia 2018. Di pesta akbar empat tahunan sepak bola dunia yang berlangsung di Rusia itu, Jerman selaku juara bertahan tersingkir di fase grup.

Tersingkirnya Jerman menuai kritik. Neuer pun menjadi sasaran kritik karena performannya dinilai kurang meyakinkan.

Kini, Neuer kembali menjadi sorotan. Penjaga gawang 32 tahun itu dihujani kritik menyusul kekalahan 3-0 Jerman dari Belanda di ajang UEFA Nations League akhir pekan kemarin.

“Manuel Neuer sudah tidak lagi bisa mengerahkan kemampuan terbaiknya sejak kembali dari cedera,” ujar Matthaus seperti dikutip Sky Sport.

“Hingga saat ini dia belum menunjukkan aksi yang pernah empat kali menjadikannya sebagai penjaga gawang terbaik dunia,” sambung pemain yang pernah memenangkan Piala Dunia 1990 bersama Der Panzer.

Penjaga gawang Barcelona Marc-Andre ter Stegen adalah sosok yang paling tepat untuk menggantikan Manuel Neuer sebagai penjaga gawang nomor wahid Der Panzer.

Tahun ini, Ter Stegen baru dua kali diturunkan pelatih Jerman Joachim Low. Yaitu di laga persahabatan kontra Spanyol pada Maret 2018 dan kontra Peru yang digelar September kemarin.

Meski demikian, posisi Ter Stegen sebagai penjaga gawang nomor wahid raksasa La Liga Barcelona harus menjadi pertimbangan serius Low untuk berani memutuskan mengganti penjaga gawang.

“Dalam beberapa tahun terakhir Ter Stegen tampil luar biasa bersama Barcelona. Dia pantas mendapat kesempatan bermain di laga-laga penting sejak awal, meski Neuer tersedia,” pungkasnya.

Dipermalukan Belanda dengan tiga gol tanpa balas, di pertandingan Grup 1 UEFA Nations League berikutnya Jerman akan menghadapi Prancis. Pertandingan tersebut akan digelar Selasa (17/10/2018) di Stade de France.