Meski Tersingkir, Indonesia Siap Kalahkan Filipina

Suara.com – Timnas Indonesia akan menjamu Filipina pada laga pamungkas Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (25/11/2018). Pertandingan yang tidak mempengaruhi hasil apapun untuk Indonesia. 

Itu karena Indonesia sudah tidak akan lolos ke semifinal meski berhasil mengalahkan Filipina. Sebab, timnas Indonesia sudah tidak bisa lagi mengejar perolehan poin Thailand dan Filipina.

Meski sudah tak berpengaruh, pelatih Bima Sakti bertekad memberikan hasil yang bagus pada penutup Piala AFF 2018.

Sebagaimana diketahui, Indonesia memiliki catatan yang cukup bagus, kala bersua dengan Filipina. Tercatat, Indonesia berhasil mengalahkan Filipina sebanyak 6 kali dan kalah sekali sepanjang gelaran Piala AFF.

“Laga nanti sangat penting buat kami. Meski tidak lolos, semua pemain bertekad meraih kemenangan,” kata Bima Sakti dalam jumpa pers jelang laga, Sabtu (25/11/2018).

Senada dengan Indonesia, Filipina menargetkan kemenangan. Sebab, hasil kekalahan dianggap kurang memuaskan bagi juru taktik Filipina Sven-Goran Erikkson.

Erikkson ingin tidak ada hasil kekalahan di fase grup ini. Sebab, sebelumnya Filipina hanya bermain imbang 1-1 menghadapi Thailand. 

“Pertandingan ini sangat penting buat kami. Kalau besok kami kalah, sebenarnya tidak masalah. Akan tetapi, terlalu beresiko kalau kita bermain untuk kalah,” ujar mantan pelatih Inggris itu.

Prakiraan susunan pemain

Timnas Indonesia (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa, Fachrudin Aryanto, Hansamu Yama, Alfath Fathier, Putu Gede, Andik Vermansah, Evan Dimas, Riko Simanjuntak, Stefano Lilipaly, Zulfiandi, Alberto Goncalves.

Filipina (4-4-2): Michael Falkesgaard, Carli De Murga, Alvaro Silva, Stephan Palla, Martin Steuble, Daisuke Sato, Stephan Schrock, Manuel Ott, John-Patrick Strauss, Patrick Reichelt, Phil Younghusband.